Program donasi BUKU SAHABAT ANAK melalui rekening Bank BRI Unit Sumur Batu Kemayoran No. Rekening 0785-01-000864-50-7 An. Teguh Iman Santoso

Kamis, 23 Juni 2011

PROPOSAL PENGADAAN SARANA BACA DAN BUKU BACAAN BAGI TAMAN BACAAN ANAK GUDANG ILMU


Kurangnya minat dan budaya membaca saat ini menjadi sebuah keprihatinan yang cukup mendalam.  Kita sering membaca berbagai slogan berisi sanjungan kepada buku.  Memang, siapa pun tahu betapa buku amat sangat bermanfaat.  Sanjungan-sanjungan terhadap buku membuktikannya.
Namun sering dikeluhkan di berbagai kesempatan tentang rendahnya minat dan budaya baca pada anak-anak atau tentang buku yang bukan menjadi media dekat dengan anak-anak.   Ketimbang buku, anak-anak kita kebanyakan lebih menyukai media TV, videogame, internet atau HP.  Kalau toh membaca buku, yang disukai anak-anak adalah komik.

Berawal dari keprihatinan inilah sebuah gagasan terwujud untuk mendirikan sebuah taman bacaan.  Taman bacaan ini di beri nama “Gudang Ilmu”, sebuah nama yang unik mudah mudahan anak-anak tertarik.  Makna yang tersirat dari “Gudang Ilmu” adalah Taman Bacaan dengan buku-buku yang berkualitas tentu menjadi tempat (Gudang) sumber pengetahuan (Ilmu).  Ulasan lengkap klik pada blog kami di http://tbagudangilmu.blogspot.com .

Gagasan yang terwujud sudah barang tentu diiringi dengan kepedulian, jiwa kerelawanan, tulus dan ikhlas.  Kami tidak berpikir muluk akan sebesar apa nanti taman bacaan ini setelah berjalan.  Sudah tentu dengan mengukur antara kemampuan yang dimiliki dengan cita-cita yang mau diwujudkan.  Kami tidak mungkin membandingkan Taman Bacaan Gudang Ilmu dengan Perpustakaan Besar, karena ini bisa memperlebar kesenjangan antara keinginan dan kemampuan.  Saat ini kami hanya ingin Taman Bacaan Gudang Ilmu bisa dinikmati dan bermanfaat untuk anak-anak.
PROFILE TAMAN BACAAN ANAK
“GUDANG ILMU”

1.       Penanggung Jawab : Teguh Iman Santoso
2.       Alamat lokasi : Gg. Perjuangan II RT. 003/05 No. 37 Kel. Sunter Jaya, Kec. Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara.
3.       Beroperasi sejak bulan Februari 2011, dengan jadwal buka : Setiap hari Minggu pukul 09.00 WIB s/d 14.00 WIB.
4.       Jenis perpustakaan : Perpustakaan dengan segmentasi pembaca anak-anak, usia 4 s/d 14 tahun, tanpa dipungut bayaran (Gratis) bergerak secara pribadi dibantu relawan.
5.       Jenis layanan : Baca buku di tempat, bermain sains, mengenal lingkungan hidup, Story Telling (mendongeng), Read Loud (membacakan buku), Bengkel Kreatif anak, kedepan kami ingin menambah satu layanan baru berupa layanan perpustakaan keliling menggunakan gerobak buku untuk menjangkau anak-anak lebih luas.
6.       Buku bacaan yang dimiliki saat ini baru 200 judul (pengadaan sendiri dan bantuan donatur) berisi dongeng bergambar, fiksi anak, Sains dan pengetahuan lainnya.  Materi buku kami lebih diutamakan kepada isi yang mengajarkan budi pekerti, moral agama, ketrampilan dan kreatifitas anak.
7.       Kontak person : 021 91598490 - 087881886213
     





BENTUK DONASI (BANTUAN)

Kami mengundang kepedulian Bapak/Ibu/Saudara/i untuk mendonasikan sebagian rejekinya pada Taman Bacaan Anak Gudang Ilmu, baik secara perorangan atau atas nama perusahaan/instansi (corporate).

Kami menawarkan 3 (tiga) nilai donasi masing – masing bernilai ;
1.      Paket donasi sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu Rupiah), sebagai bentuk apresiasi (reward) kami akan menempelkan pada cover buku yang kami beli, nama/photo donatur Taman Bacaan Anak Gudang Ilmu.
2.      Paket donasi sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah), sebagai bentuk apresiasi (reward) kami akan memberikan souvenir berupa Kaos donatur Taman Bacaan Anak Gudang Ilmu dan menempelkan photo atau nama donatur/instansi/perusahaan pada sarana baca dan buku bacaan yang kami beli.
3.      Paket donasi sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah), sebagai bentuk apresiasi (reward) kami akan memberikan souvenir berupa Kaos donatur Taman Bacaan Anak Gudang Ilmu dan menempelkan photo atau nama donatur/instansi/perusahaan pada sarana penunjang Taman Bacaan dan buku bacaan yang kami beli serta pada blog kami di http://tbagudangilmu.blogspot.com selama 6 bulan.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban atas donasi yang diberikan, kami akan menyampaikan laporan setelah pembelian sarana baca dan buku bacaan pada kesempatan pertama senilai donasi yang diberikan.


PENUTUP

Adanya kegiatan dan program di Taman Bacaan Gudang Ilmu merupakan salah satu bentuk kepedulian, bersifat bebas dan terbuka untuk semua warga.  Dilakukan secara mandiri dan tidak terikat. Semoga dengan adanya wadah dan kegiatan ini dapat mendorong inisiatif-inisiatif setiap masyarakat untuk turut serta menanamkan kesadaran dan bertanggungjawab terhadap meningkatkan minat baca anak-anak.

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat memberikan gambaran program dan kegiatan yang sedang dan akan kami laksanakan. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Pengelola Taman Bacaan Anak
“ Gudang Ilmu “


Teguh Iman Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar