Program donasi BUKU SAHABAT ANAK melalui rekening Bank BRI Unit Sumur Batu Kemayoran No. Rekening 0785-01-000864-50-7 An. Teguh Iman Santoso

Jumat, 04 November 2011

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLA TAMAN BACAAN

Banyak yang menarik dari kegiatan ini dan kemudian memacu kembali semangat para pengelola Taman Bacaan Masyarakat yang hadir pada Bimbingan Teknis bagi pengelola Taman Bacaan Masyarakat se Kota Administrasi Jakarta Utara (termasuk diantaranya saya pengelola Taman Bacaan Anak Gudang Ilmu)  pada tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober 2011.  Bimtek yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Administrasi Jakarta Utara ini dilaksanakan untuk membekali kepada pengelola Taman Bacaan Masyarakat tentang tata cara kelola TBM agar menarik minat masyarakat untuk datang dan tentu saja membaca koleksi buku di TBM, mengelola bahan pustaka melalui klasifikasi menurut subjek buku, tips-tips mengisi kegiatan TBM yang tidak hanya diisi dengan kegiatan baca di tempat atau menyewakan buku bacaan.

Dari Bimtek inilah kemudian para pengelola TBM saling berbagi informasi dan kendala yang dihadapi masing-masing TBM dalam menjalankan aktifitasnya.  Alhamdulillah Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Administrasi Jakarta Utara dapat memahami dan mencoba mengakomodasi keinginan dan harapan pengelola TBM, diantaranya dengan menyiapkan program paket buku bagi TBM untuk meminjam paket buku sebanyak maksimal 200 buku untuk dikelola TBM sehingga dapat menjadi bahan bacaan pengunjung di masing-masing TBM dengan jangka waktu peminjaman selama 3 bulan, mengkomunikasikan kepada stakeholder yang ada di wilayah Kota Adm. Jakarta Utara, untuk kiranya dapat membantu penyediaan sarana dan prasarana bagi masing-masing TBM.

Kiranya sama seperti yang diharapkan para pengelola TBM lainnya yang hadir pada Bimteks tersebut, saya memberikan apresiasi kepada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Adm. Jakarta Utara atas kegiatan Bimtek ini serta dapat menyokong sepenuhnya kepada  TBM agar tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.   Apalagi seperti saya yang mengelola Taman Bacaan dengan segmentasi pembaca anak-anak sangat membutuhkan penambahan judul buku, menyediakan sarana multi media dan gerobak buku sebagai perpustakaan keliling menjadi kebutuhan mendesak dalam melayani mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar